Dapatkan harga khusus dengan menjadi member agendigital
> Artikel

5 Ide Bisnis Sampingan Tanpa Banyak Modal untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

8 June 2021
thumbnail-blog-AD-beda-5-ide-bisnis2.jpg



Mengurus rumah dan keluarga memang menjadi tanggung jawab utama Ibu Rumah Tangga. Namun bukan berarti wanita dengan peran ini tidak bisa mendapat penghasilan. Beberapa jenis usaha, dapat memberikan uang tambahan untuk seorang istri, tanpa harus banyak keluar rumah. Begitupun untuk para suami pekerja. Walaupun bekerja sebagai karyawan full time di kantor, mereka pun bisa berkesempatan menambah pundi-pundi rupiah ke dalam rekening tabungan. Nah, bagi sobat yang saat ini merupakan karyawan kantoran atau ibu rumah tangga yang sedang mencari sumber penghasilan tambahan, berikut ini kami rekomendasikan 5 ide bisnis tanpa banyak modal yang bisa sobat langsung coba:

1. Pre-Order Makanan

Bagi ibu rumah tangga yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, tipe bisnis ini akan sangat sesuai untuk dijajal. Sobat dapat menjalankannya tanpa harus sering meninggalkan kewajiban utama.

Untuk permulaan, sobat bisa menawarkan pembuatan makanan yang bisa dijual secara pre-order melalui jalur online, atau bisa juga melalui lingkaran keluarga atau pertemanan. Contoh produk yang bisa dijual seperti pembuatan kue kering, cake, nasi tumpeng, ataupun jenis cemilan lainnya.

Jenis bisnis pre-order makanan ini simple, tidak memakan banyak waktu, dan hanya dikerjakan saat ada orderan saja, sehingga minim resiko. Modal yang dikeluarkan bisa didapat langsung dari uang muka yang dibayarkan customer di awal, dan bisa langsung lunas saat pesanan dikirimkan ke customer.

Suami yang bekerja sebagai pegawai pun bisa membantu dengan menawarkan ke teman-teman kantornya.

2. Agen Properti

Agen properti terbilang salah satu bisnis sampingan yang sekali dapat, komisinya bisa langsung sangat besar. Namun memang, tentu kuantitas order yang bisa didapatnya tidak begitu banyak dalam satu periode waktu.

Sobat dapat memulainya dengan mendaftarkan diri sebagai agen di perusahaan-perusahaan properti, ataupun bekerjasama dengan para marketing properti. Untuk memasarkannya, sobat bisa menawarkannya melalui jaringan yang dimiliki, ataupun memasang iklan di social media, dan market place tersegmen.

Untuk bisnis ini memang nyaris tak membutuhkan biaya, tapi sangat memerlukan kemampuan networking yang kuat untuk terus berkembang.

3. Jasa Titip

Bisnis jasa titip atau jastip ini mulai populer beberapa tahun lalu. Awalnya, bisnis ini muncul di kalangan para traveler yang sering berkunjung ke berbagai tempat yang tentunya memiliki ciri khas sebuah produk yang hanya bisa dibeli di daerah/Negara tersebut. Kesempatan inilah yang kemudian digunakan oleh para traveler dengan membuka jastip kepada teman-temannya pada periode masa perjalanannya, dengan slot terbatas.

Bisnis ini kemudian berkembang ke berbagai daerah di Indonesia dengan menggunakan instagram sebagai media promosinya. Biasanya, jasa titip ini menjual produk-produk dari toko tertentu yang barangnya tidak dijual secara online, atau produk yang butuh usaha lebih untuk mendapatkannya. Contohnya saja saat kue Bandung Makuta buka pertama kali di Bandung, antriannya bisa mencapai ratusan orang per hari, hingga banyak orang mengantre bahkan dari sebelum toko buka. Di sinilah bisnis jastip masuk, dan menawarkan jasanya.

Untuk mengefektifkan waktu dalam menjalankan bisnisnya, biasanya para pemilik usaha jastip ini memberlakukan sistem periode order pada waktu tertentu. Bila waktunya telah melewati jam tertentu, maka orderannya diproses pada hari berikutnya. Hal ini akan memudahkan dalam proses melayani pesanan, sehingga sobat cukup sekali jalan saja untuk memenuhi produk-produk pesanan customer.

4. Blogger dan Freelance Writer

Bagi sobat yang memiliki kemampuan menulis, menjadi blogger ataupun freelance writer dapat menjadi alternatif aktivitas untuk menambah penghasilan bulanan. Apalagi di dunia bisnis digital saat ini. Deretan brand, baik yang sudah ternama, ataupun baru bermula, kian aktif mempromosikan bisnisnya melalui platform digital. Dengan pemilihan kata kunci yang tepat, serta teknik penulisan yang baik, bisnisnya akan lebih mudah ditemukan orang-orang yang dapat menjadi potential customer mereka.

Bisnis ini akan sangat tepat dijalankan sebagai bisnis sampingan bagi karyawan ataupun ibu rumah tangga, karena waktu pengerjaan yang fleksible, dan tidak bergantung pada tempat.

Namun untuk bisa memulai usaha di bidang ini, tentunya sobat harus membuat portofolio tulisan terlebih dahulu. Tentunya, blog dapat menjadi media yang tepat untuk menyimpan karya tulis kita. Dan jangan lupa menggunakan berbagai macam social media untuk mempromosikan tulisan-tulisan baru kita setiap kali selesai dipublikasikan. Hal ini dapat membuat tulisan kita menjangkau banyak orang, tak terkecuali para executive perusahaan yang membutuhkan jasa seorang penulis.

5. Reseller dan Dropshipper

Tipe bisnis reseller dan dropshipper ini merupakan jenis usaha sampingan paling populer saat ini. Hal ini dikarenakan bisnis ini paling mudah dipelajari dan dilakukan. Tidak membutuhkan kemampuan khusus tertentu untuk mencoba memulai menjalankannya.

Pada dasarnya, menjalankan bisnis sebagai reseller atau dropshipper ini seperti berbisnis jual-beli online biasa. Namun bedanya, pemilik toko online tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memproduksi barang, karena produk jualannya sudah disediakan oleh pihak supplier/brand.

Akan tetapi, akan ada sedikit perbedaan antara menjadi reseller atau dropshipper. Bila memilih menjadi reseller, sobat harus membeli stock barang, serta harus mengemas barangnya sendiri. Sedangkan dropshipper tidak harus menyimpan stock barang. Sobat baru memesan produk, hanya bila customer sudah pasti membeli dan membayar barangnya. Dropshipper juga tak perlu mengemas dan mengantarkan barangnya ke pihak ekspedisi, semuanya dilakukan oleh pihak supplier. Namun kekurangannya, dropshipper tentu menjadi tidak bisa mengendalikan stock. Hal ini bisa berdampak dengan kehabisan stock produk pada saat ada customer yang akan membelinya. Selain itu, potensi keuntungan yang bisa didapat dropshipper pun lebih sedikit dibandingkan reseller yang leluasa memainkan strategi harga untuk menaikkan profit per produknya.

Baca juga : Apa Bedanya Reseller dan Dropshipper? Yuk, Cari Tau di Sini

Nah, kedua cara bisnis ini, baik reseller dan dropshipper, bisa sobat dapatkan bila bergabung dengan Agen Digital. Dengan Agen Digital, sobat bisa bertransaksi dengan mudah melalui sistem yang sudah terintegrasi dalam website agendigital.id. Metodenya mudah, fiturnya lengkap, produknya berkualitas, dan bebas cara promosi.

Sobat bisa langsung mendaftar sebagai reseller/dropshipper di Agen Digital dengan mengisi form yang tersedia setelah meng-klik tombol daftar di pojok kanan atas halaman ini. Informasi selengkapnya dapat menghubungi Customer Service kami via chat whatsapp di nomor 0877-7711-3402.