Dapatkan harga khusus dengan menjadi member agendigital
> Artikel

Apa Bedanya Reseller dan Dropshipper? Yuk, Cari Tau di Sini

8 June 2021
thumbnail-blog-AD-beda-reseller-dan-dropshipper.jpg

Bagi yang berencana akan memulai berbisnis, biasanya perihal modal menjadi salah satu kekhawatiran yang hinggap di pikiran banyak para pengusaha pemula. Selain itu, proses perancangan, pemilihan bahan, hingga pembuatan produk, menjadi hal yang cukup menguras waktu dan energi, karena tak jarang pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis harus mengerjakan segalanya sendiri. Oleh karena itulah, sistem reseller dan dropshipper menjadi solusi bagi pengusaha dengan tipe seperti ini. Di samping karena tak harus mengeluarkan banyak modal, kedua sistem ini juga tergolong mudah dijalankan prosesnya. Walaupun begitu, ada perbedaan yang cukup kentara antara sistem reseller dan dropshipper, berikut ini masing-masing karakteristiknya:

Dropshipper

Bagi sobat yang benar-benar masih memiliki modal yang sangat minim saat memulai berbisnis, menjalankan penjualan dengan sistem dropship dapat menjadi pilihan tepat, karena dropshipper tidak perlu membeli terlebih dahulu stock barang untuk dijual. Dropshipper cukup memajang/menyebarkan foto produk yang biasanya sudah disediakan oleh supplier/brand. Barulah ketika ada yang tertarik dengan produknya, dropshipper tinggal memesannya kepada supplier.

Dalam skema ini, dropshipper tidak harus repot-repot mengemas dan mengirimkan barangnya ke customer, karena semua prosesnya sudah dikerjakan oleh pihak supplier. Sistem dropship ini akan sangat sesuai bagi sobat yang menjalankan kegiatan jual-belinya secara sampingan di luar aktivitas utamanya, baik sebagai seorang karyawan, atau sebagai ibu rumah tangga.

Namun sistem dropship ini hadir bukan tanpa kekurangan. Karena seluruh prosesnya yang mengerjakan orang lain, maka seorang dropshipper tidak dapat mengendalikan stock, dan margin keuntungan terlalu banyak. Stock yang ia jual, bisa saja dalam kondisi kosong ketika ada pembeli yang tertarik dengan produknya.

Reseller

Berkebalikan dengan dropshipper, reseller memiliki kuasa penuh atas barang yang dijualnya. Karena ia membeli, dan memegang stock barangnya sendiri, maka ia bisa berjualan tanpa takut stock yang diinginkan kehabisan di tengah jalan.

Reseller bisa mendapat margin keuntungan lebih tinggi dibanding dropshipper, karena biasanya supplier memberikan harga satuan lebih murah untuk pembelian produk dengan jumlah lebih banyak. Selain itu, ia juga berkesempatan menjual stock tipe produk best seller yang sudah habis di pasaran dengan harga lebih tinggi. Tinggal pintar-pintarnya saja membaca pasar, dan mengaplikasikan strategi penjualannya.

Namun tentu untuk menjalankan strategi sebagai reseller ini, sobat harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli stock produk. Di samping itu, sobat harus mengemas dan mengantarkan barang jualannya sendiri ke pihak ekspedisi ataupun customer-nya langsung bila ada permintaan.

Setiap sistem memang ada kelebihan dan kekurangannya. Pilihan tentu dikembalikan ke sobat apakah lebih cocok menjajal sistem dropship, atau ingin langsung berjualan sebagai reseller. Akan tetapi, harus dipastikan juga kalau sobat bekerjasama dengan supplier yang menjual produk dari brand yang memiliki kualitas pelayanan, serta produk yang terpercaya. Maka dari itulah Agen Digital hadir memfasilitasi kedua metode bisnis tersebut dengan sistem yang sudah terintegrasi dalam satu jalur pemesanan yang mudah. Selain itu, kualitas produk pun terjaga.

Saat ini, Agen Digital telah bekerja sama dengan Torch, sebuah brand ternama nasional yang terus berinovasi memproduksi tas traveling serta berbagai perlengkapan lainnya dengan desain stylish, fungsional, dan eksklusif. Kualitas material Torch terkenal dengan kekuatan bahan dan jahitannya yang menjadikan produk ini sangat kuat.